Candi Borobudur, satu dari keajaiban dunia ternyata ada di indonesia

Candi Birobudur




(Rekreasi Murah), Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa tengah ini ternyata pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia yang di lindungi oleh UNESCO lho para pecinta rekreasi murah, candi ini merupakan candi termegah dan terbesar yang ada di Indonesia sebagai peninggalan dari penganut agama Budha.

Sedikit sejarah tentang candi Borobudur, candi Borobudur di bangun pada abad ke 8 Masehi, candi ini mulai di resmikan pada 15 juli 1980. Kemudian candi Borobudur di tetapkan sebagai pusaka budaya dunia oleh UNESCO pada 1991. Candi Borobudur merupakan peninggalan dinasti wangsa syailendra. Candi ini di dirikan oleh penganut agama buddha mahayana, bangunan ini di bangun sekitar abad ke 8 masehi pada masa pemerintahan wangsa syailendra.

Candi Borobudur merupakan bangunan kuil buddha  terbesar di dunia. Tujuan di bangunya candi ini adalah untuk memuliakan raja raja syailendra ( 775-850 M )  yang telah bersatu dengan para dewa. Candi ini di bangun sebagai wujud nyata dan ungkapan serta rasa hormat yang mendalam untuk para leluhur, selain itu bangunan candi di pakai sebagai kesadaran terhadap kebesaran agama.

Candi borobudur

Pembuat candi ini bernama Gunadarma, candi ini di bangun dalam 5 tahapan. Tahap pertama, pembangunan awal di lakukan di atas bukit, bagian bukit di ratakan dan di perluas, tidak semua bangunan di bangun dengan menggukan batuan andesit, proses pembangunan bukit menggunakan tanah yang di padatkan  dan di tutup dengan struktur batu. Struktur batu ini menyerupai cangkang dan membungkus bukit tanah. Sementara itu sisa bagian bukit di tutup dengan struktur batu lapis demi lapis. Awal pembangunan candi di buat bertingkat seperti piramida berundak.

Tahap ke dua, terdapat penambahan dua undakan berbentuk persegi, bagian pagar langkan dan satu undak melingkar di atasnya, bagian undak memiliki stupa tunggal yang besar. Bagian ke tiga terjadi perubahan rencana bangunan, bagian undak lingakaran bagian atas dengan stupa induk di bongkar, stupa di ganti dengan tiga undak melingkar, sementara stupa - stupa kecil di bangun melingkar. Stupa besar berada di tengah.

Tahap ke empat ( 824 M ) dan tahap ke lima ( 833 M ) bangunan candi mengalami perubahan seperti penambahan pagar langkan terluar, penyempurnaan relief, perubahan tangga, pelebaran ujung kaki, dan pelengkung atas gawang pintu.

Candi Borobudur melambangkan alam semesta, dalam agama buddha, semesta di bagi menjadi tiga tingkatan yaitu, kamadhatu ( dunia keinginan ), Rupadhatu ( dunia berbentuk ) dan Arupadhatu ( dunia tak berbentuk ). Ketiga tingkatan ini di bedakan berdasarkan relief - relief candi. Relief ini di bentang sepanjang 3 meter. Terdapat 1.460 pigura yang di selingi bidang - bidang pemisah, berjumlah sekita 1.212 buah. Di bagian atas terdapat hiasan simbar berbentuk segitiga berjumlah 1.476 buah.

Tingkat Kamadhatu dan Rupadhatu terdapat 1.472 stupa dan 432 arca buddha yang mengitari seluruh penjuru mata angin. Pada tingkat terakhir terdapat 72 stupa yang mengitari stupa induk di puncak. Candi Borobudur secara keselurahan terdiri dari stupa, dalam bahasa sansakerta stuopa berarti gundukan tanah.

Candi Borobudur sempat di terlantarkan tahun 938 dan 1006. Ketika itu raja Mpu Sindok memindahkan ibu kota kerajaan medang ke jawa timur. Perpindahan itu di lakukan karena terjadi letusan gunung berapi. Dan candi Borobudur akhirnya di tinggalkan. Sekitar tahun 1.365 Mpu Prapanca dalam naskah negarakretagama di tulis ketika kerajaan Majapahit. Dalam naskah tersebut ia menyebutkan " Wihara di Budur ".

Candi Borobudur di temukan pada saat Indonesia di jajah Inggris pada tahun 1814, penemu candi ini adalah Sir Thomas Stanford Raffles ketika mengunjungi Semarang. Dia mendapat laporan temuan batu - batu berukir di bukit sekitar desa Bumi Segoro keresidenan Magelang.  Raffles kemudian mengutus asistenya, Cornelius untuk melakukan penelitian. Cornelius akhirnya melakukan penelitian pada tahun 1914. Pembersihan besar - besaran di lakukan dengan tenaga kerja kuran dari 200 orang. Pekerjaan pembersihan di lakuoan selama beberapa tahun mulai dari 1814, 1825, dan 1835.

Candi Borobudur telah di pugar beberapa kali, pemugaran candi Borobudur di lakukan pertama kali oleh Tn Van Erp, dari tahun 1907 sampai 1911. Pemugaran ke dua di lakukan oleh pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan UNESCO. Pengerjaan pemugaran ke dua ini berlangsung dari tahun 1973 sampai 1983.

Candi borobudur

Nah para pecinta rekreasi murah harusnya bangga ya karena salah satu dari tujuh keajaiban dunia ternyata ada di dunia. Dan rugi buat kalian para pecinta rekreasi murah kalau belum pernah berkunjung di kuil terbesar dan termegah di dunia yang ada di Magelang ini.




home


Posting Komentar

0 Komentar