Museum Bajra Sandhi, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Bali

Museum bajra sandi




(Rekreasi Murah), Bali.. Kali ini saya penasaran banget dengan salah satu museum yang konon katanya menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bali untuk mengusir penjajah. Namanya Museum Bajra Sandhi atau yang biasa disebut dengan Monumen Bajra Sandhi.

Monumen Bajra Sandhi merupakan salah satu bangunan yang memiliki simbol perjuangan rakyat Bali dalam melawan penjajah. Dilansir dari laman denpasarkota.go.id, monumen ini melambangkan perjuangan rakyat Bali di Renon, Denpasar. Monumen Bajra Sandhi dibangun di atas lahan seluas 13,8 hektare, dengan luas gedung 4.900 meter. Monumen Bajra Sandhi ini dirancang oleh Ida Gede pada tahun 1981. Pembangunan dimulai pada masa gubernur Ida Bagus Mantra, yang mana kemudian Monumen Bajra Sandhi ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003.

Monumen Bajra Sandhi memiliki ciri khas arsitek bangunan Bali. Pembangunannya syarat dengan nilai makna filosofi Hindu, salah satunya adalah penggunaan kata Bajra yang berarti genta. Pendeta Hindu sering menggunakan genta ketika mengucapkan mantra dalam upacara keagamaan. Selain itu, masih ada elemen-elemen Hindu lainnya yang berada di dalam monumen Bajra Sandhi, antara lain sebagai berikut:
* Guci Amerta, disimbolkan kumbha (semacam periuk) di bagian atas monumen.
* Ekor Naga Basuki, dekat swamba dan kepalanya pada Kori Agung.
* Badan Bedawang Akupa, pada landasan monumen, kepalanya pada Kori Agung.
* Gunung Mandara Giri, monumen yang menjulang tinggi.
* Kolam yang mengelilingi monumen, diibaratkan ksirarnawa (lautan susu).
Museum bajra sandhi


Monumen Bajra Sandhi juga penuh dengan makna kemerdekaan. Anak tangga pada pintu utama berjumlah 17. Tiang agung di dalam berjumlah 8 dengan ketinggian masing-masing 45 meter. Angka-angka tersebut merupakan tanggal dari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Oh iya, di dalam monumen Bajra Sandhi terdapat lukisan dan diorama perjuangan rakyat Bali dalam upaya merebut kembali kemerdekaan dari tangan penjajah, juga sejarah perjuangan rakyat Bali asli (Bali Aga).

Monumen Bajra Sandhi ini terletak di Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Harga tiket untuk masuk ke Museum Bajra Sandhi sebesar Rp 25.000,- per orang. Cukup murah bukan? Jadi selain berwisata ke pantai-pantai indah di Bali, nggak ada salahnya kalau para pecinta rekreasi murah juga berkunjung ke Monumen yang satu ini untuk menambah wawasan para pecinta rekreasi murah.



Untuk kalian yang butuh informasi seputar wisata dan paket wisata untuk private trip maupun rombongan, kalian bisa banget nih untuk menghubungi admin kami di:

KENZONE JOURNEYS
0812-8349-9710 / 0878-8845-8786
IG: @kenzonejourneys

Museum bajra sandhi








home


Posting Komentar

0 Komentar