Upacara petik laut pantai sadeng masih di lakukan secara turun temurun

Sedekah petik laut sadeng




(Rekreasi Murah), Sadeng, Girisubo 12 Agustus 2022, hari ini di pantai sadeng sedang di adakan acara tahunan yaitu petik laut atau lebih di kenal dengan sedekah laut. Bagi kalian pecinta rekreasi murah yang tinggal di daerah Girisubo udah pasti mengerti dengan acara tahunan yang di lakukan oleh nelayan pantai sadeng. Sebagai pelabuhan dengan hasil ikan terbesar di Yogyakarta, pantai yang terletak nyaris berbatasan langsung dengan provinsi jawa tengah ini selalu ramai dengan geliat para nelayan. Deretan kapal berbagai ukuran yang bersandar di pelabuhan juga menambah susana menjadi ramai.

Kualitas ikan di pantai sadeng ini terbilang paling bagus, rata rata ikanya berukuran besar dan berkualitas expor. Untuk ikan yang berukuran medium akan di kirim ke Surabaya dan di olah menjadi ikan kalengan. Sedangkan ikan yang kecil dan berkualitas biasa akan di jual di pasar lokal atau di kirim ke Jogja dan sekitarnya. 

Nah para pecinta rekreasi murah dengan melimpahnya hasil laut maka setiap tahun para nelayan di pantai sadeng selalu mengadakan adat istiadat secara turun temurun yaitu " petik laut ". Ritual tahunan ini di lakukan untuk mengucap rasa syukur akan hasil ikan yang melimpah kepada sang pencipta serta keselamatan para nelayan. Selain itu mereka juga memohon semoga di jauhkan dari mara bahaya.

Petik laut sadeng



Di acara ini akan banyak makanan tradisional yang bisa para pecinta rekreasi murah cicipi. Akan tetapi selain memiliki hasil ikan yang melimpah tidak banyak para pecinta rekreasi murah mengetahui bahwa dukunya pantai ini dulunya merupakan muara sungai bengawan solo purba. Namun akibat pergeseran lempeng bumi 4 juta tahun yang lalu maka dataran terangkat dan aliran air pun berbalik ke utara.

Nah bagi kalian para pecinta rekreasi murah yg hobi banget dengan ikan laut ga ada salahnya kalian cobain untuk berkunjung ke pantai sadeng selain bisa berekreasi kalian juga bisa berbelanja ikan laut dengan kualiatas expor.

Petik laut sadeng





home


Posting Komentar

0 Komentar