Saung Angklung Udjo, wisata edukasi budaya terbaik se Asia

Saung angklung




(Rekreasi Murah Senin 3 april 2023, siapa sih para pecinta rekreasi murah yang ga kenal dengan kita yang satu ini, Bandung juga di kenal dengan paris van java, biasa juga di bipang kota kembang, udara khas bandung yang sangat identik ini yang slalu membuat kita untuk tidak bosan dengan kota bandung. Akan tetapi saat ini bukan bandung yang akan kita bahas. Melainkan sala satu destinasi wisata edukasi murah yang terletak di bandung. Saung angklung mang udjo namanya. Seperti apa sih keseruan kita di saung angklung mang udjo.

Seperti yang kita tau para pecinta rekreasi murah, angklung adalah alat musik tradisional khas dari jawa barat. Nah saung angkkung mang udjo ini adalah salah satu destinasi wisata edukasi murah untuk memperkenalkan alat musik tradisonal ini kepada anak anak muda generasi bangsa saat ini. Mengenalkan alat musik tradisional adalah suatu keharusan bagi kita, dengan tujuan agar semua generasi mengetahui tentang alat musik tradisoanal tersebut. Jangan sampai generasi saat ini tidak mengenal atau bahkan lupa tradisi dan kebudayaan yang kita punyai.

Saung angklung



Sebelum kita bahas lebih dalam lagi ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu angklung. Angklung adalah alat musik tradisonal yang banyak di kembangkan oleh masyarakat suku sunda. Alat musik yang berbahan dasar bambu dan di bentuk sedemikian rupa untuk menghasilkan sebuah nada ini dapat menghasilkan alunan musik yang sangat indah di dengar. Cara menggunakan alat musik yang satu ini dengan cara di goyangkan secara bersamaan. Dan setiap jenis dari alat musik ini mempunyai irama penting dalam memainkan irama di panggung.

Lambat laun angklung mulai kalah pamor dengan alat musik modern. Yang lebih banyak menarik minat terutama kaum muda. Banyak cara yang di lakukan untuk melestarikan alat musik tradisional ini. Salah satunya dengan menjadikan pertujukan angklung sebagai daya tarik wisata edukasi murah, seperti yang di lakukan oleh penggagas dan pengelola saung angklung udjo. Saung angklung udjo adalah tempat wisata edukasi murah yang menjadikan angklung sebagai objeknya, di yempat ini para pengunjung akan d sajikan berbagai fasilitas hiburan yang berhubungan dengan alat musik angklung.

Tempat wisata edukasi yang satu ini memberikan edukasi lengkap tentang alat musik tradisonal angklung dan beberapa kebudayaan sunda lainya. Edukasi budaya melalui pariwisata ternyata sangat efektif karena penyampaianya diblakukan dengan ringan akan tetapi tetap berisi. Orang belajar di tempat wisata ini jauh lebih nyaman di bandingkan belajar di kelas khusus. Nah bagi anak anak juga proses belajar sambil bermain jauh lebih menarik dan menyenangkan di banding metode belajar yang lain.

Saung angklung udjo berdiri sejak tahun 1966, dan terus konsisten dan berkembang mengikuti kemajuan zaman. Dan juga menjadi pusat pelestarian musik tradisonal angklung. Saung ini didirikan oleh seorang seniman angkkung yang bernama mang udjo dan istrinya uum sumiati. Kecintaan mereka terhadap budaya sunda menjadi awal mula berdirinya saung ini. 

Saung angklung



Saung ini berada di jalan padasuka nomor 118, Bandung , jawa barat. Tempat yang wajib kalian kunjungi nih para pecinta rekreasi murah saat kalian berkunjung di kota bandung. Ini juga jdi salah satu destinasi wisata murah alternatif buat kalian. Walaupun namanya saung angklung akan tetapi di tempat ini kita juga bisa belajar tentang budaya sunda lainya,  selain oertunjukan angklung disini kita juga bisa melihat pertunjukan tari topeng, pertunjukan wayang golek, pertunjukan arak arakan pengantin sunat dan lain sebagainya.

Bukan hanya pertunjukan seni bagi kalian yang ingin berbelanja souvenir disini juga juga terdapat toko yang menjual souvenir yg berhungan dengan angklung seperti kendang, gambang, gamelan, dan souvenir lainya. Umumnya souvenir yang di jual berbentuk miniatur. Sehinggal dapat di jadikan oleh oleh dan perhiasan. 

Setelah di tinggal oleh mang udjo saung ini tetap ada. Di rawat dan di jaga oleh anak anaknya. Saung ini menjadi salah satu aset berharga untuk bandung karena menjadi salah satu pusat pelestarian budaya. 


Saung angklung

KENZONE JOURNEYS
0812-8349-9710 
IG: @kenzonejourneys





home


Posting Komentar

0 Komentar