Pesona Setu Panjalu, pilihan favorit pengunjung

Pesona setu panjalu




(Rekreasi Murah), Selamat malam para pecinta rekreasi murah. Apa kabar ? Setelah beberapa bulan akhirnya saya bisa berbagi pengalaman dalam perjalanan saya kali ini. Nah kali ini saya menuju ke Ciamis Jawa Barat. Dan kunjungan saya kali ini adalah Setu Panjalu. Seperti apa sih Setu Panjalu ?

Ketika berbicara tentang kabupaten Ciamis maka tidak akan pernah bosan untuk membahasnya. Mulai dari sejarah, kebudayaan, alam hingga  nilai-nilai sosial yang masih kental di daerah ini. Nah di ujung kabupaten ini terdapat sebuah setu. Tepatnya di desa Panjalu, kecamatan Panjalu. Setu ini bernama Setu Panjalu atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Setu Lengkong.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Nusa Gede, dimana menurut beberapa sumber cerita legenda, dan literatur sejarah sunda, pulau di tengahnya itu di sinyalir sebagai pusat kerajaan Panjalu. Sementara itu Bumi Alit menjadi tempat penyimpanan pusaka pada masa kerajaan Panjalu lokasinya berada di sebelah alun alun Panjalu. Banyak juga pengunjung yang melakukan ziarah di tempat ini, karena di yakini banyak ulama besar penyebar agama islam yang di semayamkan di Nusa Gede.

Setu panjalu


Selain sebagai destinasi sejarah dan religi, masyarakat dengan di bantu pemerintah setempat membangun tambak tambak ikan di tepian danau tersebut. Sehingga potensi dan nilai wisata menjadi meningkat, pemerintah pun tak tinggal diam, terus melakukan pendampingan secara rutin, mengecek fasilitas dan keperluan apa saja yang di perlukan untuk pengelolaan tambak tersebut secara berkelanjutan. 

Dengan semakin memingkatnya animo masyarakat terhadap Setu Lengkong atau Panjalu ini, pemerintah semakin bersemangat dan semakin serius untuk mengelola kawasan tersebut. Melalui kerja sama dengan masyarakat sekitar, di bangunlah ruko ruko untuk berjualan, tempat duduk, gazebo, dan perahu untuk mengelilingi danau, hingga keperluan para wisatawan untuk berziarah ke Nusa Gede dapat menyewanya dengan mudah.

Sebagai tempat rekreasi di sediakan pula fasilitas - fasilitas pendukung, selain perahu Kano, perahu Angsa pun tersedia d tempat ini, nah para pecinta rekreasi murah ga ada salahnya tempat yg satu ini kamu masukan ke dalam list rencana perjalananmu.

Setu panjalu





home


Posting Komentar

0 Komentar