Kawah Putih Ciwidey, Alternatif Rekreasi di Jawa Barat

Kawah putih




(Rekreasi Murah). Berhubung saya masih berada di kawasan Bandung, kali ini saya menuju ke daerah Bandung Selatan nih, para pecinta rekreasi murah. Tempat yang saya tuju saat ini adalah daerah Ciwidey, tepatnya di objek wisata Kawah Putih. Objek wisata yang satu ini, jadi salah satu alternatif wisata murah yang saya kunjungi selama di Bandung.

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata murah dan terkenal di daerah Ciwidey. Lokasinya kurang lebih 50 km ke arah selatan dari pusat kota Bandung. Kawah Putih ini adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang berada di kawasan ini berwarna putih karena pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang brerwarna putih, air di danau kawasan Kawah Putih ini juga berwarna putih kehijauan. Uniknya, warna air ini bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan juga cuaca di lokasi lho, para pecinta rekreasi murah.

Kawah Putih Bandung ini berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian kurang lebih 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, sudah pasti bisa dibayangkan ya para  pecinta rekreasi murah gimana suhu udara di kawasan tersebut. Yupzzz! Suhu di kawasan Kawah Putih ini bisa mencapai 8 derajat celcius hingga 22 derajat celcius lho! Jadi, karena suhu dan udara di sini cukup dingin, alangkah lebih baiknya jika para pecinta rekreasi murah membawa jaket atau baju hangat saat berkunjung ke objek wisata ini. Tapi tenang, kalau para pecinta rekreasi murah lupa bawa atau pakai baju hangat, kalian bisa menyewa jaket lho di kawasan Kawah Putih ini. Harga sewa jaket di sini berkisar 50.000, yang bisa para pencita rekreasi murah bebas gunakan selama berkunjung di Kawah Putih. 

Kawah putih


Selain dinikmati keindahan alamnya oleh para pecinta wisata murah, kawasan Kawah Putih ini juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain seperti pengambilan gambar film, foto pre-wedding, melukis, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda. 

Oh iya, berkunjung ke Kawah Putih nggak lengkap rasanya kalau kita tidak mengetahui asal muasal tempat ini. Jadi saya akan sedikit membahas tentang asal mula kawah ini terbentuk. Cerita yang berkembang di masyarakat luas tentang Kawah Putih bermula pada abad ke 10, yang mana terjadi letusan hebat Gunung Patuha. Setelah peristiwa letusan itu terjadi, banyak dari masyarakat sekitar beranggapan bahwa kawasan ini adalah kawasan yang angker, karena setiap burung yang terbang di atas kawah akan mati. 

Tapi seiring dengan berjalanya waktu, kepercayaan akan angkernya tempat ini mulai memudar. Sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani yang berkewarganegaraan Jerman datang ke kekawasan ini untuk melakukan penelitian. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya, sehingga beliau pun berkeliling desa untuk mencari informasi. Hingga pada akhirnya, beliau mendapatkan informasi bahwasanya di kawasan Kawah Putih ini angker dan dihuni oleh makhluk astral.

Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan dari masyarakat sekitar tersebut tidaklah mungkin. Lalu karena tidak percaya dengan dengan cerita-cerita tersebut, ia pun memutuskan untuk pergi ke dalam hutan rimba, guna mencari tahu apa yang ada di sana. Singkat cerita, beliau berhasil mencapai puncak gunung tersebut dan di sana beliau menemukan sebuah danau yang sangat indah berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat indra penciuman. 

Sejak saat itulah keberadaan kawah putih mulai diketahui oleh masyarakat. Mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata murah yang menawarkan pengalaman unik, yaitu melihat danau yang bisa berubah warna.

Saat ini, kawasan Kawah Putih Bandung telah memiliki fasilitas penunjang kenyamanan berwisata untuk para pecinta rekreasi murah yang ingin berkunjung ke Kawah Putih seperti:
• Area parkir yang luas
• Mushola
• Toilet
• Transportasi/shuttle dari depan gerbang menuju kawah
• Pusat informasi

Kawah putih





home


Posting Komentar

0 Komentar